What's my nationality

Wednesday, August 17, 2011

Sayur lodeh Tenggarong (Banjarmasin)


Sebenernya lagi males masak hari ini,cuman apa boleh buat,nanti tak ada yang dimakan buat berbuka n sahur hehehe...akhirnya jatuh ke pilihan menu sayur lodeh tenggarong,ini aku ambil dari buku resep happy call :),cuman aku sudah modifikasi ,kalo lagi mau asem aku suka tambahin asam kandis,dan bumbunya aku tumis,bukan langsung dimasukan ke santan mendidih.

Bahan:
Nangka muda sekitar 100 gram
Kacang panjang potong 2 cm,sekitar 100 gram
Jagung manis 3 biji potong sesuai selera
Santan encer 500 ml
Santan kental 100 ml


Bisa ditambahkan labu siam,dan daging tetelan,tapi aku karena ngga terlalu hobby makan daging merah,jadi ya seperti ini saja


Bumbu halus:
3-5 biji cabe rawit merah
5 bawang merah
3 bawang putih
3 kemiri
1 sdt kunyit bubuk

Cara buat:
-Tumis bumbu halus sampai wangi,dan matang,masukan santan encer,kemudian rebus nangka dan jagung sampai agak lunak.. setelah masak,masukan kacang panjang,dan santan kental...masak sebentar saja,kasih irisan cabai rawit yang dipotong menyerong,supaya pedesnya lebih berasa,dan terlihat ada warna merahnya sebagai hiasan.







No comments: